Pages

Jumat, 25 November 2011

KUALITAS APLIKASI WEB



Menurut badan standar internasional(IEEE, ISO) ada beberapa sudut pandang untuk menggambarkan tiga kualitas perangkat lunak. 
Standar ISO menggambarkan tiga pandangan kualitas, yaitu: 
  1. pandanganpengguna (user)
  2.  pandangan pengembang (developer), dan
  3. pandangan manajer (manager).
Alasan kualitas:

  • evolusi teknologi yang cepat, 
  • campuran (banyaknya) teknologi,
  •  kemudahan dalam penulisan HTML, dan 
  • “toleransi” browser yang menampilkan kode halaman yang tidak benar. 
 
Lima dimensi kualitas:
  • Ketepatan 
  • Presentasi 
  • Konten 
  • Navigasi
  • Interaksi
1. Ketepatan
Ketepatan adalah aspek teknis yang dapat dengan mudah dicek. Beberapa tool tersedia untuk mencapai ketepatan kode, berkisar di antara editor untuk memperbaiki tool.
Aspek ini sangat bermanfaat karena walaupun toolnya sudah tersedia, bahkan gratis, sejumlah besar situs tidak akan melakukan pemeriksaan. Efek positif dari kode bersih tidak akan langsung diterima oleh para pengguna.
2. Presentasi
Tata letak halaman adalah karakteristik yang paling prinsipel yang dirasakan oleh pengguna
Tata letak harus bersih dan keseluruhan konten harus tersusun dengan baik.
Hal tersebut bisa membantu orang-orang yang lemah (buta atau dipengaruhi oleh kekurangan kognitif.) 
 Ada beberapa tata letak dalam presentasi: 
  a) Teks
  b) Multimedia
  c) Tautan
  d) Form

3. Konten
keterbacaan (kata-kata untuk kalimat, suku kata untuk kata-kata, total kata-kata, jumlah baris baru, panjang judul dan subjudul dan seterusnya), 
arsitektur informasi (tingkat kesulitan yang berbeda, informasi yang dapat dikustomisasi),.
struktur informasi (jumlah subheading per heading, jumlah paragraf per heading, arti panjang dan paragraf, panjang total paragraf, jumlah kalimat di dalam paragraf).
4.  Navigasi
struktur situs (graf node dan link),
navigasi horizontal dan vertikal, navigasi campuran,
bar navigasi
5. Interaksi
a) transparansi (pengguna diberi tahu mengenai pengisian, tambalan format, dan peluncuran),
b) pemulihan (pembatalan tersedia pada formulir halaman atau setelah pengguna mengisi formulir isian dan kemudian sistem memberitahukan aksi yang diselesaikan dan kemungkinan untuk dapat dibatalkan), dan
c)fasilitas catatan tambahan (jika pengguna dapat berperan untuk konten situs web).  

    0 comment:

    Posting Komentar

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls