Pages

Rabu, 25 Januari 2012

IMPLEMENTASI

Implementasi langsung (Direct Pluge Cut Over).
Yaitu suatu cara dalam melakukan konversi sistem lama ke sistema baru dimana ketika ditetapkan waktu diberlakukannya sistem baru maka secara otomatis (pada waktu yang sama) sistem lama menjadi tidak berlaku lagi. Sebagaimana diilustrasikan dalam gambar berikut :

Implementasi Paralel (Paralel Cut Over)
Yaitu suatu cara dalam melakukan konversi sistem lama ke sistema baru dimana ketika ditetapkan waktu diberlakukannya sistem baru maka tidak secara secara otomatis (pada waktu yang sama) sistem lama menjadi tidak berlaku lagi.  Pemberlakuan sistem baru ditetapkan setelah melalui masa (waktu) transisi.  Pada masa transisi tersebut sistem lama masih diberlakukan bersamaan dengan sistem baru. Untuk menggambarkan bagaimana hal tersebut dilakukan, dapat diilustrasikan sebagai berikut :
 

Implementasi Bertahap (Phase in Cut Over)
Yaitu suatu cara dalam melakukan konversi sistem lama ke sistema baru yang sebenarnya mirip dengan sistem langsung namun pemberlakuan sistem baru dibuat secara bertahap berdasarkan waktu / bagian sistem tertentu. Bagian-bagian dari sistem baru dibuat dalam fase terpisah-entah waktu yang berbeda (parallel) atau sekaligus dalam kelompok-kelompok (langsung).

Implementasi Pilot (Pilot Project)
Pada cara ini seluruh system baru diterapkan pada masa (waktu) yang telah ditentukan untuk suatu area fungsi atau wilayah tertentu sebagai pilot.  Setelah dianggap memadai dan handal selanjutnya diterapkan secara utuh dalam seluruh area fungsi atau fungsi yang ada dalam organisasi.

0 comment:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls